MENGGANTI WARNA BACKGROUND & WARNA FONT PADA HTML



     Dalam postingan kali ini saya akan melanjutkan sebuah artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang HTML dasar. Postingan ini membahas tentang bagaimana cara menambahkan warna background dan bagaimana cara mengganti warna font pada html dasar. Biasanya  bagi  sebagian   orang   saat   browsing   kadang-
kadang sangat jenuh ketika bertemu dengan laman atau artikel yang penting yang sangat ingin kita baca mempunyai kontras warna yang tidak seimbang, misalnya antar warna background dan warna text hampir mirip sehingga kita kesusahan untuk membacanya.
      Jadi disini saya akan berbagi informasi bagi kalian yang ingin membuat template sendiri namun bingung cara menambahkan warna atau menggantinya, silahkan coba cara berikut ini. 
      Untuk membuat templatenya atau lanjutan dari artikel belajar HTML dasar, kita buka sublime text kita, terus kita ketikkan cooding seperti dibawah ini:
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>MISDODOL</title>
</head>
<body bgcolor="blue" text="white">
Saya lagi belajar HTML dasar
</body>
</html>
       Dalam cooding tersebut ada tulisan  bgcolor="blue",  code ini berfungsi untuk mengganti warna sesuai keinginan anda, kalau contoh saya disini warna biru jadi saya tulis blue, dan ada code text="white", code ini berfungsi untuk mengganti warna text yang anda tulis pada <body> text </body>, saya disini memakai warna putih sebagai contoh dan memberikan tulisan "Saya lagi belajar HTML dasar" pada isi  dari <body> </body>, maka nanti setelah disimpan dan kita buka file.html nya yang kita simpan akan menghasilkan tampilan seperti digambar:


     Jika anda bosan dengan warna-warni, tetapi ingin mengganti backgroundnya dengan foto anda juga bisa, tinggal anda ketikkan aja cooding seperti dibawah:
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>MISDODOL</title>
</head>
<body background="newbie.png" text="blue">
Saya lagi belajar HTML dasar
</body>
</html>
 Coding yang berfungsi sebagai foto pada background anda disini adalah background="newbie.png", newbie.png adalah nama file dan format dari foto yang saya masukkan, dan untuk kenyamanan sebelum anda mengganti background anda dengan foto yang anda inginkan, anda harus menempatkan foto anda dalam satu folder dulu dengan file.html yang anda simpan. Untuk melihat hasilnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini:


     Gimana cukup mudahkan caranya. Mari belajar HTML, dan terus update postingan saya ya untuk kelanjutannya. Mohon kritik dan sarannya dan terima kasih telah berkunjung.

No comments:

Post a Comment