ENTREPRENEUR

Entrepreneur   

     Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas, memiliki penduduk sekitar 250.000.000 jiwa , mempunyai adat budaya yang berbeda-beda setiap daerahnya, dan tentunya Indonesia mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah yang membuat negara-negara
eropa pada zaman dulu berdatangan ke Indonesia untuk mendapatkan rempah-rempah yang sangat banyak di Indonesia, tetapi semua itu sangat disayangkan karena SDA kita melimpah namun SDM (Sumber Daya Manusia) kita sangat lemah. Berdasarkan kajian/diskusi yang pernah saya ikuti bersama teman-teman dikampus UGM Yogyakarta, Indonesia sangat lemah dalam segi produktifitas tenaga kerja terdidik karena tenaga kerja kita yang ada di Indonesia sekarang sekitar 57% hanya lulusan SD, hal inilah yang membuat negara kita kadang kalah bersaing dengan negara-negara tetangga kita yang jauh lebih maju. 
      Namun, kita tidak perlu berkecil hati dengan segala sesuatu yang terjadi di Indonesia sekarang. Tentunya masih ada kesempatan bagi kita para mahasiswa dan masyarakat untuk memperbaiki bangsa ini kedepannya. Salah satu hal yang harus kita lakukan adalah memulai hal-hal kecil seperti bersikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, dengan memulai hal-hal kecil seperti itu kita akan terbiasa dan bisa mengarahkannya kepada hal-hal yang lebih besar, contohnya kita sebagai seorang mahasiswa harus lulus dengan predikat yang sangat baik, baik di sini dalam artian kita harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat atau orang sekitar kita, tidak perlu kita harus lulus dengan  predikat com laude.
      Salah satu hal yang juga bisa kita lakukan untuk masyarakat sekitar kita jika kita mempunyai keyakinan yang kuat yaitu dengan membuka usaha atau lapangan pekerjaan, dengan melakukan hal tersebut berarti kita sudah turut membantu negara kita dalam mengurangi pengangguran, meskipun awalnya usaha kita memang kecil-kecilan yang tidak memerlukan karyawan yang banyak, namun seiring waktu jika kita bisa memanajemen usaha kita dengan baik maka usaha kita perlahan -lahan akan membesar dan akan menambah jumlah karyawan terus-menerus.
      Namun tentunya membuka usaha itu bukanlah suatu hal mudah yang  dapat kita lakukan tanpa ada keseriusan dalam menjalankannya, misalnya kita mempunyai modal yang banyak untuk membuka usaha, namun jika usaha itu tidak mempunyai manajemen yang bagus bukan keuntungan yang akan kita dapatkan, justru kita malah akan mendapat kerugian besar bisa-bisa yang ada kita akan bangkrut.
      Jadi disini saya akan menyebutkan dan menjelaskan beberapa cara atau manajemen strategis sebelum kita memulai atau membuka sebuah usaha, agar kedepannya kita benar-benar dapat serius atau benar-benar menjalankan usaha yang telah kita mulai tersebut.
      Berdasarkan buku yang pernah saya baca, yang berjudul "STRATEGIC MANAGEMENT Global Most Admired Companies" karya dari bapak Prof, Dr, M. Suyanto, M.M,. Beliau menyebutkan ada delapan langkah dalam proses manajemen strategis, yaitu:
  1. Mendefinisikan visi dan misi bisnis
  2. Mendefinisikan tanggung jawab sosial
  3. Menganalisis lingkungan Eksternal
  4. Menganalisis lingkungan Internal
  5. Memilih tujuan dan sasaran bisnis
  6. Mengembangkan strategis bisnis
  7. Merinci rencana program, dan
  8. Mengimplimentasikan rencana program dan mengumpulkan umpan balik serta menguji             pengendalian.
      Sampai disini dulu ya teman-teman kali ini saya bisa menyebutkan proses manajemen strategis yang baik, di artikel selanjutnya saya akan melanjutkan menjelaskan proses-proses tersebut, tentunya tetap bercermin dari buku "STRATEGIC MANAGEMENT Global Most Admired Companies" karya dari bapak Prof, Dr, M. Suyanto, M.M,. Terima Kasih sudah bersedia membaca artikel saya dan mohon maaf jika ada kata yang tidak berkenan di hati pengunjung. Jadi, mohon kritik dan sarannya dikolom komentar untuk kemajuan.

10 comments:

  1. bagus gan.
    kunjungi pemikiranaan.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Oh sorry double koment. Saran jangan monoton pada satu buku saya pikir akan lebih baik. Karena dengan pembandingan bisa menghasilkan kesimpulan yang baik.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete