BUSINESS OPPORTUNITIES IN ONLINE STORE

Business Opportunities In Online Store

www.retailnews.asia
ABSTRAK
Zaman yang serba online dan zaman dimana manusia ingin serba praktis dalam melakukan setiap aktivitas sehari-harinya. Took online bisa memberikan salah satu solusi dari seribu masalah yang sedang kita hadapi zaman sekarang, dengan hadirnya toko online mempermudah kita dalam
melakukan aktivitas jual-beli. Beberapa manfaat jika kita seorang pembeli adalah kita akan lebih mudah dalam membeli suatu produk dan kita tidak perlu lagi keluar rumah panas-panasan untuk membeli suatu produk, lumayan menghemat bensin dan tenaga. Dan beberapa manfaat yang dapat kita rasakan  jika kita seorang penjual adalah kita tidak memerlukan biaya sewa tempat lagi untuk berjualan, kita tidak perlu ribet atau tergesa-gesa mengejar waktu untuk pergi ketoko, dan kita tidak perlu lagi panas-panasan berjualan menjadi pedagang kaki lima, kita hanya perlu duduk dan bersantai didepan pc, laptop bahkan smartphone menunggu orderan.
            Berdasarkan data yang dipublikasikan WeAreSocial pada awal tahun 2016 ini pengguna Internet di Indonesia meningkat 15% dari awal tahun 2015 lalu atau sekitar 88,1 juta pengguna, data ini dikutip dari Digital, Social dan Mobile Report in 2016. Selain itu pengguna internet sekarang juga ditawarkan dengan banyak hal yang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, seperti media social untuk mempermudah kita dalam berkomunikasi, media pembelajaran online yang mempermudah pelajar untuk menambah referensi dalam belajar, tidak hanya sampai disana saja para pihak penyedia layanan internet juga berlomba-lomba dalam menyediakan tarif internet murah, dengan demikian tentu kedepannya para pengguna internet di Indonesia juga akan terus meningkat tahun ketahun.
Sehingga dari banyaknya pengguna internet ini, toko online akan menjadi salah satu peluang bisnis yang baik dan efisien untuk kita   coba untuk memasarkan barang ataupun jasa.

ISI
1.        Latar Belakang
Mengingat banyaknya jumlah pengguna Internet sekarang baik di Indonesia maupun diluar negri dan mengingat jumlah itu akan terus menerus bertambah seiring banyaknya kemudahan yang ditawarkan internet. Maka Toko Online sangat berpeluang bagi kita untuk menjadikannya sebagai salah satu peluang bisnis kita.
2.        Tujuan   Membuka Toko Online
  • Menghemat waktu
  •  Menghemat biaya
  • Menghilang biaya sewa toko
  • Mempermudah kita dalam menjual suatu produk
  • Mempermudah pelanggan dalam membeli suatu produk

3.        Langkah Awal Membuka Toko Online
  •  Menentukan Bisnis kita
  • Menentukan target pasar
  •  Bagaimana kita memasarkan produk kita
  • Alat apa saja yang kita perlukan untuk mempermudah kita dalam mencapai tujuan
  • Dimana kita akan mendapatkan bahan baku atau sumber produk
  • Melakukan promosi-promosi baik dengan sebuah iklan ataupun dengan menyebar luaskan usaha kita dimedia online

4.    Mengelola modal awal sebaik mungkin
5.    Menentukan sistem pada toko online
  • Membangun system sendiri dengan pertimbangan biaya yang lebih mahal, atau Membeli paket provider yang telah memilihkan elemen-elemen yang kita butuhkan
  •  Menentukan system pembayaran
  •  Menentukan system pengiriman yang aman, baik itu yang memerlukan biaya tambahan ongkos kirim ataupun yang tidak memerlukan biaya tambahan ongkos kirim.
6.    Mengerjakan website
Mendesain website semenarik mungkin, tidak perlu terlalu kelihatan mewah tapi yang elegan dan ringan untuk dikunjungi, karena website yang menarik dan ringan tentunya akan disukai pengunjung. Dalam hal ini kita boleh mendesain sendiri tapi jika tidak memungkinkan mintalah jasa web designer untuk membuat situs kita.
7.    Mempelajari Hukum dan Peraturan yang berhubungan dengan E-commerce
           Ada sejumlah standar keamanan penting yang perlu kita ketahui dan kita taati, seperti:

8.    Melegalkan Bisnis
Hal ini sangat penting buat kenyamanan kita kedepannya. Daftarkan bisnis dan nama yang kita gunakan untuk menjalankan bisnis tersebut, mendapatkan izin menjual dari wilayah kita, mengumpulkan jadwal pelaporan pembayaran pajak, serta tentukan legal bisnis kita (Agen tunggal, LLC, S.Corp dan lain-lain).
9.    Merencanakan Strategi Tepat Pemasaran
  • Menentukan Bisnis kita. Langkah paling pertama yang harus kita lakukan dalam memulai bisnis adalah menentukan bisnis apa nantinya yang akan kita buka atau kita jalankan.
  • Mengidentifikasi masalah. Identifikasi masalah yaitu dengan melihat ancaman pesaing sekitar kita. Jadi disini kita dituntut berpikir apa kelebihan kita? Atau apa daya Tarik lebih kita sehingga kita bisa menarik hati pelanggan.
  • Diagnosa (teliti masalah). Dalam tahap ini kita menganalisis pesaing sekitar kita atau membandingkan produk kita dengan produk yang mereka keluarkan, seperti kualitas produk, Harga, Pelayanan kita terhadap pelanggan, cara kita memasarkan melalui search engine,  marketing kita, manajemen bisinis kita, dan cara kita mempromosikan bisnis kita sudah sampai dimana.
  • Mengevaluasi. Setelah kita teliti tadi permasalahan-permasalahannya, kita lakukan evaluasi terhadap permasalahan tersebut, misal masalah pada toko online kita mempunyai harga yang terlalu tinggi jika dibandingkan dengan bisnis toko online lain, jadi kita harus menyesuaikan harganya agar kita tetap bisa bersaing dengan pebisnis toko online lain.
  • Mengendalikan. Kita kendalikan harga tadi agar sesuai harga pasar dan agar kita tetap bisa bersaing dengan nyaman. Jika harga sudah kita turunkan tadi tentunya kita juga harus mempromosikan dengan lebih luas lagi.
10.              Melindungi bisnis
Mengambil langkah-langkah cermat yang diperlukan untuk menjaga toko online kita agar tetap aman, terutama terhadap serangan hacker yang bisa mengurangi kepercayaan pelanggan terhadap toko online kita, dan juga kita harus waspada terhadap kecurangan-kecurangan yang sering terjadi dizaman sekarang mulai dari penyalahan alamat dan lain-lain. Selalu utamakan kepuasan pelanggan demi menjaga kepercayaan pelanggan kepada bisnis yang kita jalankan.  

REFERENSI

http://www.amikom.ac.id/research/index.php/DMI/article/viewFile/7671/5999

http://www.techno.id/tech-news/berapa-banyak-pengguna-internet-di-indonesia-pada-awal-tahun-2016-160131y.html

No comments:

Post a Comment