Belajar HTML Dasar


     Pada postingan kali ini kita akan belajar dasar dari HTML. HTML sendiri merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language, Hypertext disini mempunyai arti ganda yaitu sebuah text biasa dan sebuah text yang bisa berpindah dari sebuah link ke link yang lainnya hanya dengan mengklik saja. Pada dasarnya untuk melihat sebuah  HTML sangat mudah namun kita sering tidak menyadarinya walaupun HTML sendiri tidak jauh banget dari hari-hari kita saat browsing di internet, untuk melihatnya kita bisa
klik kanan pada halaman browser ini, lalu pilih "View page source" atau untuk lebih mudah lagi tinggal tekan Ctrl + U pada halaman browser ini, nanti disana akan ada tampilan html yang lumayan bisa membuat anda pusing, tapi jangan takut untuk mencobanya.
      Ada beberapa software yang harus kita siapkan untuk menjalankannya, disini saya sarankan anda menggunakan sublime text 3, dan bisa anda download disini, lalu anda pilih sesuai sistem operasi yang anda jalankan pada pc anda, saat selesai jangan lupa instal dulu. Anda juga membutuhkan sebuah aplikasi browser nantinya untuk melihat hasil coodingnya, karena sublime text hanya berfungsi sebagai editor bukan menampilkan hasil execute.
      Tidak perlu panjang lebar mari langsung kita mulai saja belajar dasar HTML ini. Disini saya menggunakan HTML5, dimana ciri khasnya nanti ada <! DOCTYPE html> pada baris pertamanya. Pertama-tama buka sublime text yang sudah anda download dan instal tadi,setelah terbuka lalu anda tekan Ctrl+N untuk membuat file baru, terus anda klik view>syntax>HTML, ini berfungsi bahwa kita sedang membuat HTML. Ketikkan html lalu tekan Ctrl+spasi, nantinya akan ada tampilan dasar dari html5 seperti gambar dibawah :

pada cooding diatas <titile></title> berfungsi nantinya sebagai judul, dan pada bagian <body></body> berfungsi sebagai isi dari halaman nantinya. Sebagai contoh disini saya akan memberikan judul MISDODOL dan akan mengisi halamannya dengan tulisan "Saya sedang belajar HTML dasar", bisa dilihat seperti cooding dibawah :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>MISDODOL</title>
</head>
<body>
Saya sedang belajar HTML dasar
</body>
</html>

      Setelah itu simpan dengan nama yang anda inginkan, lalu pada save as type anda pilih HTML(*.html;*.htm;*.shtml;*.xhtml;*;*.inc;*tmpl;*.tpl) agar format yang anda simpan merupakan file yang berformat html, lalu klik save. Setelah itu anda buka folder dimana anda menyimpan file.html tadi, lalu anda buka dibrowser anda, kalau saya menggunakan crome dan hasilnya bisa anda lihat seperti gambar dibawah :
Seperti itulah hasilnya. Munkin sampai disini dulu belajar HTML dasarnya, nanti akan saya lanjutkan pada postingan selanjutnya. Mohon komentarnya sebagai Kritik atau Saran agar saya lebih baik lagi dan mengurangi kesalahan. Terima kasih sudah berkunjung.

No comments:

Post a Comment